Selasa, 13 Desember 2011

Perlunya Sistem Informasi Manajemen

“Zaman sudah semakin canggih”, informasi sangatlah mudah kita dapatkan. Nah…sekarang saya akan memberikan pengetahuan saya tentang perlunya Sistem Informasi Manajemen. Temen-temen semua kalau ditanya,”Perlu gak Sistem Informasi Manajemen (SIM) itu??? Sebagai murid yang gak GapTek , saya akan langsung jawab, “Perlu Pak…..!!”.

Sistem Informasi Manajemen sangatlah diperlukan sejalan dengan perkembangan dunia teknologi informasi dan telekomunikasi yang semakin canggih di era globalisasi ini. Pentingnya manajemen informasi disebabkan karena, pengaruh ekonomi internasional, persaingan dunia, batas waktu yang singkat,hukum,budaya dan kendala-kendala social lainnya karena Sistem Informasi Manajemen sangatlah lekat dengan kehidupan keseharian manusia, karena setiap saat manusia memerlukan informasi.

Sistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan bisnis. Sistem informasi dapat di bagi menjadi beberapa bagian:

1. TPS ( Transaction Prosessing System)

2. OAS (Office Automation System) dan KWS (Knowledge Work System)

3. SIM (Sistem Informasi Manajemen)

4. DSS (Decision Support System)

5. ES (Sistem Ahli) dan AI (Kecerdasan Buatan)

6. GDSS (Group Decision Support System) dan CSCW (Computer Support Collaborative Work System)

7. ESS (Executive Support System)

Jadi perlunya Sistem Informasi tergantung pada kebutuhan bisnis. Saya hanya akan menjelaskan poin yang ketiga, perlunya SIM yaitu untuk mengambil ataupun menetapkan sebuah keputusan, untuk memecahkan sebuah masalah,untuk membuat visi dan misi perusahaan, untuk menetukan struktur organisasi sebuah perusahaan/organisasi sosial, dan masih banyak lagi. Karena keterbatasan artikel ini ,maaf saya tidak bisa menjelaskan satu-persatu dari poin di atas.

Cukup sekian semoga bermanfaat, kalau tidak dibatasin postingannya pastinya saya jelaskan……( Cahyo Nugroho / 12106961 / 12.3A.24)

2 komentar:

mahasiswabsi mengatakan...

Terima kasih ya Pak telah mengajarkan SIM kepada kami,ilmu yang bapak berikan sangatlah bermanfaat buat kami....
Kedepannya saya pengen membuat SISTEM , karena kata bapak SISTEM bisa menghasilkan uang walau kita dalam keadaan tidur sekalipun...
Butuh banyak sharing nih kpd bapak...Mohon dibantu!!!

sdit wirausaha indonesia mengatakan...

Sama-sama, sesama manusia kan harus saling memberikan manfaat. Kapan-kapan kita bisa sharing. Saya siap kapan saja.