Jumat, 16 Desember 2011

Strategi agar bisnis bisa bertahan

Tidak di pungkiri lagi bahwa dunia bisnis itu kejam. Mengapa?? Dapat diartikan bahwa dunia bisnis itu adalah dunia “orang makan orang”. Oleh karena itu kita dapat meminimalisasikan keadaan sekitar kita agar tidak termakan oleh mereka. Berdasarkan pengalaman TS bahwa penjualan dan pengefesiensian kinerja perusahaan sangat penting. Oleh karena itu maka TS memberikan step2 atau langkah untuk pemberian CS(Cust Satifaction). Dari sisi penjualan:

a. Kepercayaan. Untuk membangun sebuah bisnis atau transaksi dengan orang atau lembaga maka yang harus di utamakan adalah kepercayaan. Setelah mendapatkan kepercayaan dari customer atau pemasok maka…..

b. Tempat. Setelah mendapatkan kepercayaan dari pabrik atau dari perusahaan pemasok material untuk kita olah maka kita harus mencari sebuah tempat yang strategis dan sesuai dengan modal kita punya agar customer mudah menjangkau tempat kita.

c. Promosi. Tempat dan kepercayaan telah kita miliki, sekarang adalah bagaimana melebarkan sayap perusahaan… Cara yang umum adalah menggunakan promosi, atau servis yang memuaskan bagi konsumen atau customer. Promosi bisa melalui kupon, vocher, bila cust sebuah lembaga atau perusahaan maka bagian purchasing perusahaan tersebut kita bisa memberikan “pelayanan lebih”.

d. UniQ. Untuk bisa masuk mendobrak pasar maka diperlukan sesuatu yang fresh, sesuatu yang new atau unik. Agar dapat menarik mata konsumen untuk membeli produk kita.

e. Kartel. Bagian ini adalah bagian yang paling saya sukai, anggap setelah 5-10 tahun kita mendapatkan 15% market share, maka kita dapat menarik perusahaan yang sama atau sejenis dengan perusahaan kita menggunakan sistem kartel yang selama ini kita dengar2. Kita dapat mengambil contoh dari perusahaan semen di Indonesia, Perusahaan telekomunikasi, dll…

(Alfian / 18094927 / 12.5C.14)

BSI KARAWANG

Tidak ada komentar: