Rabu, 16 Mei 2012

Pentingnya Pemasaran Bagi Perusahaan

Keberhasilan perusahaan mencapai tujuan dan sasaran perusahaan sangat di pengaruhi oleh kemampuan perusahaan memasarkan produknya. Tujuan perusahaan untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya, berkembang dan mampu bersaing, hanya mungkin apabila perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat kuantitas yang diharapkan serta mampu mengatasi tantangan dari para pesaing dalam pemasaran. untuk ini dibutuhkan orang-orang yang dinamis yang mempunyai kreatifitas, inisiatif dan ulet untuk memimpin kegiatan bidang pemasaran agar perusahaan berhasil. Pemasaran merupakan salah satu fungsi disamping fungsi yang lain (yaitu produksi dan keuangan).( Manajemen Pemasaran : 47)
Rencana bisnis seringkali banyak merinci hal-hal yang ingin dicapai oleh wirausahawan, misalnya keuangan, tetapi sedikit sekali yang memperhatikan strategi untuk mencapai sasaran-sasaran tersebut. banyak wirusahawan yang menghambur-hamburkan tenaga dengan mengerahkan dana, manusia, dan sumber daya lain untuk menjual produk dan jasa mereka hanya karena mereka gagal menetapkan strategi yang harus dilakukan untuk menarik dan mempertahankan basis pelanggan yang menguntungkan. Agar efektif, rencana bisnis yang baik harus berisi rencana keuangan dan rencana pemasaran. Seperti rencana keuangan, rencana pemasaran memproyeksikan angka-angka dan menganalisanya, tetapi dari sudut pandang yang berbeda rencana pemasaran lebih memusatkan kepada pelanggan, rencana pemasaran mengidentifikasi pelanggan sasaran dan menguraikan cara-cara perusahaan menarik dan mempertahankan pelanggan. Fokus utamanya adalah meraih dan mempertahankan keunggulan bersaing untuk perusahaan kecil. 
Pemasaran (marketing) merupakan proses penciptaan dan penyampaian barang dan jasa yang diinginkan kepada pelanggan dan meliputi keinginan yang berkaitan dengan memenangkan dan mempertahankan pelanggan setia. "Rahasia" kesuksesan pemasaran terletak kepada kemampuan memahami apa kebutuhan, permintaan, keinginan dan menyediakan layanan pelanggan, kenyamanan dan nilai agar mereka mau kembali lagi. Sayangnya tampak ada jurang pemisah antara prinsif pemasaran yang baik dengan praktik pemasaran aktual yang dilakukan oleh-oleh perusahaan kecil.
Dalam perusahaan kecil fungsi pemasaran melekat pada seluruh perusahan, mempengaruhi setiap aspek kegiatan, dari keuangan dan produksi hingga perekrutan dan pembelian dan juga dalam kesuksesan perusahaan. Sejalan dengan lingkungan bisnis global yang semakin bergolak dan persaingan yang ketat, pemillik perusahaan kecil harus memahami pentingnya mengembangkan strategi pemasaran yang relevan, kesuksesan dan keberlangsungan hidup mereka bergantung pada hal ini. 
Rencana pemasaran bukan hanya untuk perusahaan raksasa yang bersaing dalam pasar internasional, walaupun  kecil ukurannya dan anggaran pemasarannya tidak dapat dibandingkan dengan pesaing besarnya. Bukan berarti wirausahawan tidak mempunyai kekuatan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Kampanye pemasaran yang sukses tidak mengharuskan seorang wirausahawan menghabiskan banyak orang, tetapi memang membutuhkan kreatifitas, kecerdikan dan pemahaman atas kebiasaan membeli para pelanggan. (Ema Norma Amelia/11103935/11.4A.14)

Tidak ada komentar: